My Inspired Media

Yang Lagi Viral

Sejarah Baru! Box Office di China Berhasil Kalahkan Amerika

Pertama kali dalam sejarah, China berhasil mengalahkan Amerika untuk penjualan tiket bioskop. 

Selama pandemi, penayangan film box office di Amerika mengalami penurunan penjualan tiket sekitar 80 persen. Hal ini membuat penjualan tiket filmdi China mampu menempati posisi puncak film box office untuk kali pertama dalam sejarah.

Comscore merilis total penjualan tiket bioskop yang ada di Amerika sejak 1 Januari sampai 31 Desember 2020 hanya mencapai 2,33 miliar dolar AS. Jika dibadingkan, sebelumnya penjualan di Amerika mencapai 11,4 miliar dolar AS pada 2019. 

Dengan angka tersebut, Amerika menduduki angka penjualan terendah selama 40 tahun terakhir. Sementara itu, box office di China berhasil mencapai 2,7 miliar dolar AS pada 2020. 

China berhasil mencetak sejarah baru dengan mengalahkan box office Amerika. 

Selain itu, film produksi China dengan judul The Eight Hundered berhasil menjadi box office dunia. Film karya Guan Hu berhasil mendapatkan pendapatan sebesar 440 juta dolar AS dari penjualan tiket di bioskop seluruh dunia.

Film lainnya milik China dengan judul My People dan My Homeland juga berhasil masuk dalam daftar film terlaris sepanjang 2020. Pencapaian ini mendadak menjadi sorotan industri film di dunia, karena sebelumnya box office dunia selalu dikuasai oleh Hollywood. 

Meskipun berhasil mengalahkan penjualan tiket di Amerika, China pun mengalami kemunduran sebesar 70 persen dari penjualan rata-rata pada 2019. 

Kedua penurunan yang dialami oleh Amerika dan China memang sudah diduga oleh banyak pakar, karena adanya pandemi dan sebagian besar bioskop tutup sepanjang tahun.

Tahun 2020 menjadi periode yang mengejutkan dan berat untuk industri perfilm-an. Production house secara tidak langsung dipaksa untuk memilih merilis film karya mereka di beberapa layanan streaming seperti Netflix, Viu, Disney plus, dan lainnya. 

Baca Juga  Wajah The Weeknd Berubah Mirip Korban Oplas, Sindir Mantan Pacar?

Banyak pihak dan pengamat perfilman berharap agar 2021 akan menjadi tahun kebangkitan industri layar lebar. 

Sumber: PramborsFM.com