Viral Ruang IGD Penuh, Pasien Covid-19 Dirawat di Tempat Duduk

Kemungkinan duduk, duduknya sampai kapan saya juga enggak bisa mastiin karena memang full.

JAKARTA – Sebuah video berisi percakapan antara perawat dengan keluarga pasien Covid-19 menjadi viral di media sodial (medsos). Mulanya, keluarga pasien yang berasal dari Cempaka Putih, Jakarta Pusat menanyakan apakah masih tersedia kamar instalasi gaeat darurat (IGD) di rumah sakit tersebut.

Namun, dalam video yang berdurasi 2 menit 12 detik itu tidak disebut atau tidak terlihat jelas di mana lokasi rumah sakit tersebut. Sang perawat menjelaskan, bahwasanya kondisi kamar IGD sudah penuh dan hanya bisa memasukkan pasien dengan catatan sang pasien bersedia hanya dirawat dengan cara duduk di kursi.

“Ini bapak dari mana? Cempaka Putih? Yaudah sini barengan saya jelasin dua-duanya. Bapak sudah tau ya ibunya mau dirawat di ruang isolasi covid. Sekarang IGD kami lagi full, saya cuma ada tempat duduk, saya enggak bisa mastiin pasiennya dapat tempat tidur,” ucap perawat perempuan dalam video tersebut yang dilihat, Kamis (7/1/2021).

Sang perawat menuturkan pasien Covid-19 tidak bisa langsung masuk ke ruang IGD. Bahkan, ada pasien yang sudah dua hari dirawat dengan cara duduk belum mendapatkan kamar.

“Pasien saya yang sudah dua hari saja belum naik ruangan karena yang di atas full. Sampai kapan nunggu di IGDn-ya pun saya enggak bisa ya mastiin,” ungkapnya.

Dia mengatakan, jika memang pihak keluarga bersedia mengikuri aturan, maka yang bisa dilakukan pihak rumah sakit adalah.memberikan perawatan sambil pasien itu duduk di kursi. Kalau pun tidak bersedia, sang perawat menyarankan agar pihak keluarga bisa membawa pasien ke rumah sakit lain.

“Kemungkinan duduk, duduknya sampai kapan saya juga enggak bisa mastiin karena memang full. Kalau memang bersedia dari awal, bersedia menunggu di IGD sampai batas waktu yang tidak bisa saya pastikan sampai kapan silahkan daftar. Tetapi kalau ragu, maunya langsung daat tempat, saya enggak bisa. Kalau mau mau, enggak enggak,” jelasnya.

Baca Juga  GOKIL 'Sultan Medan' Indra Kesuma iseng Jam 3 Pagi Beli Mobil Tesla: Mau Gue Giveaway Nih!

Pihak keluarga lantas menanyakan solusi yang akan diberikan pihak rumah sakit dengan keadaan kamar IGD yang penuh. Menurut pihak keluarga, apakah dalam kondisi duduk pasien tersebut tetap ditangani.

Sumber: Okezone.com

  • Leave a Comment